Tuesday, August 14, 2012

3 KEUNIKAN BALI

 
Tiga keunikan BaliBali adalah pulau indah yang terletak di Indonesia. Sejak zaman penjajahan Belanda, Bali telah memikathati bangsa Eropa. Keindahan alam Bali dan keluhuran budayanya telah membuat banyak orang barattinggal dan menetap di pulau kecil ini. Pulau Bali telah menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyakorang di seluruh dunia. Orang
 –
orang dari negara Amerika, Belanada, Inggris, Belgia, Kanada, Afrika,Australia, Jepang, China, dan negara lainnya telah mengunjungi pulau ini untuk berlibur dan juga urusanbisnis. Banyak juga para wisatawan lokal dan internasional yang mengunjungi Bali lebih dari satu kali.Bali memang terkenal dengan keindahan panorama alam dan budayanya. Keindahan daratan, pantaidan lautnya telah menjadi daya tarik untuk berlibur di pulau ini. Selain itu, keunikan tradisi dan budayamasyarakat Bali adalah magnet yang sangat kuat dalam menghadirkan pesona wisata.Jika kita amati, keindahan dan budaya Bali sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pulau-pulau lain yangada di Indonesia atau di kawasan Asia. Jadi, hal apa yang sebenarnya menarik dan berbeda dari PulauBali dengan daerah wisata lainnya?Ada tiga keunikan yang menjadi ciri khas pulau surga ini. Ketiganya adalah 
1. Pulau Seribu PuraPulau Bali yang luasnya sekitar ... memiliki ribuan pura yang tersebar di seluruh penjuru Bali. Dipuncak gunung, di tepi pantai, di tengah danau, di pinggir sungai, di bawah pohon besar, didalam gua, di tengah hutan, di sawah, di perempatan jalan, dan juga di pekarangan rumahdibangun pura-pura yang sederhana hingga yang paling megah. Ribuan pura yang anda jumpaidi setiap sudut pulau Bali adalah ciri yang istimewa dari pulau ini.2.
2. Perayaan Tahun BaruApa yang anda lakukan untuk menyambut tahun baru? Menyalakan kembang api, meniupterompet, berdansa, keliling kota atau berpesta? Pergantian tahun baru memang identik denganpesta meriah, tapi tidak dengan Tahun Baru versi Bali. Tahun Baru Bali (Saka) disebut Hari RayaNyepi. Tahun Baru versi Bali (Nyepi Day) didasarkan atas kalender Bali (Saka) yang biasanyadirayakan pada bulan Meret. Pada Perayaan Tahun Baru Bali (Nyepi Day) semua orang yangtinggal di Bali dilarang untuk keluar rumah, bekerja, menyalakan lampu, memasak, memutarmusik (hiburan), tidak ada motor dan pesawat terbang selama 24 jam. Semuanya harus tinggaldi rumah menciptakan suasana tenang dan damai, atau melakukan yoga dan sembahyang. Jikaanda ingin mendapatkan liburan yang tenang, berliburlah ke Bali pada bulan Maret.3.
3. Burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)Burung ini oleh orang lokal disebut Curik Bali. Burung ini hanya ada di Pulau Bali, tepatnya dikawasan hutan nasional Bali Barat. Sejak tahun 1966, IUCN ( International Union forConservation of Natur and Natural Resources) telah memasukan Jalak Bali ke dalam Red DataBook, yaitu buku yang memuat jenis flora dan fauna yang terancam punah. Burung Jalak Balimerupakan ikon fauna untuk pulau bali.

1 comments:

Post a Comment