Friday, July 6, 2012

5 KENDARAAN KHAS DAERAH


Bentor

jalan-jalan naik bentor

? apa itu bentor? Ya apa lagi kalau bukan kendaraan roda tiga, yang merupakan rangkaian becak dan motor, orang Gorontalo sering menyebutnya bentor, sebenarnya tidak hanya di Gorontalo, diwilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya juga ada kendaraan jenis ini, namun menurut beberapa sumber, kendaraan ini lebih banyak ada di Gorontalo, ya pantas saja banyak, karena lebih dari 60 % penduduk Gorontalo memiliki bentor satu hingga tiga unit.
Kendaraan ini mengalahkan jumlah angkot bahkan dipastikan jumlah mobil pribadi dan mobil dinas di Gorontalo, karena orang yang memiliki mobil mungkin hanya 20 % dari penduduk Gorontalo, tak mengherankan orang yang memiliki motor pasti berkeinginan merubahnya menjadi sebuah bentor.

Delman

Transportasi pertama yang unik dan bisa Anda temukan di Indonesia adalah delman. Ini adalah kereta kuda yang bisa Anda temukan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Yogyakarta, Kuningan, Padang dan Magelang.

Umumnya delman memiliki roda dua yang terbuat dari kayu. Bentuknya memang mirip dengan kereta kencana atau kereta kuda lain. Yang membedakan adalah kursi penumpang delman berhadapan dengan jarak yang sangat dekat. Selain itu, kursi penumpang juga dibiarkan terbuka tanpa jendela, hanya beratapkan terpal. Uniknya, meskipun memiliki bentuk yang sama, delman di setiap daerah memiliki nama yang berbeda, seperti delman untuk sebutan di Yogyakarta dan bendi di wilayah Sumatera Barat. 
  

Cidomo


Nah, ini dia alat transportasi di Lombok yang hampir sama dengan delman, sama-sama menggunakan tenaga kuda. Bila dilihat sepintas, Anda tentu akan mengira ini adalah delman. Tapi coba amati lebih detil. Cidomo yang ada di Lombok memiliki roda ban mobil, bukan ban kayu seperti yang ada di delman.

Tidak hanya roda, perbedaan antara cidomo dan delman juga terlihat dari tempat duduk penumpang. Delman terbuat dari kayu dengan bentuk yang cenderung seperti kotak. Kalau cidomo, bentuknya cenderung dibuat menyerupai mobil atau kereta kencana. Jarak kursi antar penumpang juga lebih lega dibandingkan delman atau bendi.

 
 Klotok

Selain transportasi darat, Indonesia juga memiliki alat transportasi khas di sungai. Klotok hampir sama dengan perahu, yaitu salah satu alat tansportasi air. Biasanya, klotok digunakan untuk menyeberang sungai. Bentuknya mirip seperti kapal laut mini. Dinamakan klotok karena mesin penggerak perahu ini mengeluarkan bunyi "tok tok tok".

Klotok memiliki dua tempat yang bisa dinaiki penumpang, yaitu bagian bawah dan atap. Bagian bawah merupakan ruang penumpang yang sebenarnya. Di sini ada kursi dengan posisi berhadapan dengan atap sebagai pelindung dari cahaya matahari. Nah, tempat kedua yang juga bisa ditempati penumpang adalah bagian atap. Sebenarnya ini bukan tempat duduk penumpang, tetapi jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih luas, bisa duduk di atap. Penasaran mau mencoba? Moda transportasi model ini bisa Anda temukan di wilayah Kalimantan.

 

Becak


Becak adalah moda transportasi roda tiga yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Umumnya becak muat ditumpangi oleh 2 orang. Kendaraan ini digerakkan dengan bantuan tenaga manusia, seperti sepeda. Di becak, penumpang berada di depan dengan pengemudi mengayuh sepada di bagian belakang.

Di Indonesia, kota yang banyak ditemukan becak adalah di Yogyakarta. Di sana, Anda bisa berkeliling kota menggunakan becak. Saat menaiki becak, angin sepoi-sepoi akan menemani perjalanan Anda. Selain Indonesia, ada juga beberapa negara lain yang memiliki alat transportasi serupa, seperti yang ada di China atau India. Bedanya, di sana pengayuh becak duduk di depan.
unik unik ^_^

0 comments:

Post a Comment